Infeksi Saluran Kencing Lebih Banyak Menyerang Kaum Perempuan, Kenapa?

Posted by do it your self Rabu, 09 Januari 2013 0 komentar
Infeksi Saluran Kencing Lebih Banyak Menyerang Kaum Perempuan, Kenapa? - Salah satu ciri seseorang terkena penyakit ISK adalah pada saat buang air kecil rasanya panas dan seperti tidak tuntas. Selain itu ada juga yang harus "ngeden"serta timbul rasa nyeri. Tapi, tahukah kita bahwa perempuan lebih rentan terhadap penyakit ini?
Infeksi Saluran Kencing Lebih Banyak Menyerang Kaum Perempuan
Ada beberapa faktor mengapa perempuan lebih rentan terserang infeksi saluran kencing. Salah satu faktornya adalah karena perempuan memiliki saluran kencing yang lebih pendek dibandingkan laki-laki. Selain itu, lubang saluran kencing perempuan yang berdekatan dengan anus juga menjadi faktor lainnya. Oleh karena itu bakteri E Coli lebih mudah masuk ke dalam saluran kencing perempuan. Mungkin inilah mengapa perempuan harus benar-benar menjaga daerah kewanitaanya.

Setelah kita mengetahui penyebab infeksi saluran kencing pada perempuan, berikut adalah beberapa cara mencegahnya:
  1. Guakanlah pakaian yang bersih. Dengan mengenakan pakaian yang bersih akan mengurangi resiko masuknya kuman ke dalam saluran kencing kita.
  2. Biasakan buang air kecil setelah berhubungan intim. Ini dapat membantu membersihkan saluan kencing kita.
  3. Perbanyak minum air putih untuk meringankan kerja ginjal kita. Karena minuman berwarna membuat kerja ginjal kita lebih berat, sehingga akan menambah resko ISK.
  4. Seringlah ganti pembalut saat kita Haid karena pembalut yang sudah terkena darah haid akan membuat kuman bertambah banyak.
  5. Bersihkan vagina dari depan ke belakang setelah kita buang air untuk memastikan kebersihannya.
  6. Hati-hati buang air kecil di tempat umum, karena waktu kita buang air dengan car berjongkok, maka akan ada cipratan air yang kembali ke atas yang memungkinkan berpindahnya kuman dari lantai kamar mandi ke dalam tubuh kita.
  7. Jangan menahan kencing kita.
Nah itu dia beberapa alasan dan cara pencegahan infeksi saluran kecing untuk kita perhatikan. Seperti kata Nabi, kebersihan adalah sebagian dari iman. Jagalah kebersihan agar kita tidak mudah terserang penyakit, apalagi ISK.

0 komentar:

Poskan Komentar