Manfaat dan Khasiat Belimbing Wuluh

Posted by do it your self Rabu, 17 Oktober 2012 0 komentar
Manfaat Dan Khasiat Dari Belimbing Wuluh - Belimbing wuluh atau biasanya disebut belimbing sayur ini adalah salah satu jenis belimbing yang mepunyai rasa yang sangat asam. Karena rasanya sangat asam sehingga belimbing wuluh dijadikan campuran masakan untuk mendapatkan rasa asam alami di berbagai masakan indonesia.

Diperkirakan pohon belimbing wuluh ini asalnya dari benua eropa tapi ada juga yang berasal dari  daerah maluku, tetapi sekarang sudah hampir keseluruh indonesia. Tapi apakah kalian tau bagian mana yang biasanya manfaatkan ? Bagian yang selalu di manfaatkan biasanya adalah bagian buah dan daunnya.

belimbing wuluh

Ciri-ciri dan Klasifikasih Pohon Blimbing Wuluh :

  • Tinggi pohon belimbing wuluh bisa mencapai 5-10 m dan memiliki batang utama yang pendek dan cabang yang rendah.Bentuk batang bergelombang .Pada setiap ujung batang tumbuh daun.
  • Daun berbentuk tipis dan tumbuh secara berkelompok pada ujung batang, daun majemuk, pada setiap kelompok daun terdapat sekitar 11 hingga 37 anak daun yang berselang-seling .Anak daun memiliki bentuk oval.
  • Bunga berukuran kecil, tumbuh dari bagian batang dengan tangkai bunga berambut, Bunga terdiri dari mahkota yang berwarna putih, kuning / lila.
  • Buah berbentuk elips, panjang buah berkisar 4-10 cm. Buah memiliki warna hijau ketika muda, dan berwana kuning / kuning pucat pada waktu matang. Bagian daging buah memiliki kandungan air yang berasa asam ( sebagian ada yang memiliki rasa manis). Dalam setiap buah terdapat biji kecil seukuran 6 mm berbentuk pipih dan memiliki warna coklat.

Zat Yang Terkandung Dalam Belimbing Wuluh

Zat yang terkandung didalam buah belimbing wuluh itu ada beberapa zat/senyawa kimia antara lain saponin, tanin, glukosid, kalsium oksalat, sulfur, asam format, peroksida, dan kalium sitrat. Dalam farmakologi Cina tanaman ini dikenal bisa menghilangkan rasa sakit, memperbanyak pengeluaran empedu, antiradang, dan peluruh kencing.
Manfaat Dan Khasiat Dari Belimbing Wuluh
Manfaat dan khasiat belimbing wuluh ini tidak hanya dari buahnya saja tapi daun dan bunganya juga beguna berikut ini sebagian manfaat dan khasiat belimbing wuluh :
  • Mengatasi batuk. Ambil bunga belimbing wuluh sebanyak 25 kuntum, satu jari rimpang temu giring, satu jari kulit kayu manis, satu jari kencur, dua siung Bawang merah, 1/4 genggam pegagan, 1/4 genggam daun saga, 1/4 genggam daun inggu, 1/4 genggam daun sendok, dicuci dan dipotong-potong. Kemudian rebus dengan lima gelas air sampai tersisa separonya. Saring ramuan rebusan ini dan minum dengan madu sebanyak 3 kali 3/4 gelas sehari.
  • Mengatasi batuk rejan. Ambil sebanyak 10 buah belimbing wuluh dicuci bersih, remas dengan dua sendok air garam. Kemudian saring dan minum dua kali sehari.
  • Obat batuk pada anak. Segenggam bunga belimbing wuluh, beberapa butir adas, dan gula secukupnya ditambah satu cangkir air. Campuran ditim selama beberapa jam. Setelah dingin disaring dengan kain dan dibagi untuk dua kali minum, pagi dan malam saat perut masih kosong.
  • Obat gondongan. Sepuluh ranting muda belimbing wuluh beserta daunnya ditambah empat butir bawang merah ditumbuk sampai halus. Kemudian ramuan dibalurkan di tempat yang sakit.
  • Untuk rematik. Satu (1) ons daun muda belimbing wuluh, 10 biji cengkeh, 15 biji merica, digiling halus. Kemudian tambahkan cuka putih secukupnya hingga menyerupai bubur dan oleskan di tempat yang sakit. Untuk sariawan, segenggam bunga belimbing wuluh direbus dengan tiga gelas air hingga tersisa 2,5 gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum tiga kali 3/4 gelas.
  • Untuk obat Jerawat. Ambil buah belimbing wuluh secukupnya lalu ditumbuk halus. Ramuan diremas dengan garam secukupnya dan digunakan untuk menggosok muka yang berjerawat. Obat panu, 10 buah belimbing wuluh dicuci lalu digiling halus. Tambahkan sedikit kapur sirih, diremas sampai rata. Ramuan digunakan untuk menggosok kulit berpanu sebanyak dua kali sehari. (kreasimasakan.blogspot.com)
  • Obat darah tinggi. Tiga buah belimbing wuluh dipotong-potong, rebus dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin disaring dan diminum setelah makan pagi. Mengatasi sakit gigi berlubang, lima buah belimbing wuluh dimakan dengan sedikit garam, kunyah di tempat gigi yang berlubang.
Tambahan :
  • Buah Belimbing Wuluh juga dapat digunakan sebagai sumber listrik dengan cara dibuat Jus Belimbing Wuluh.
  • Bunga Belimbing Wuluh dapat digunakan sebagai Obat Infeksi tenggorokan pada anak.
Lah sekarang kita sudah tau Manfaat Dan Khasiat Dari Belimbing Wuluh. Walau pun rasanya sangat asam tapi manfaat dan khasiat belimbing wuluh juga banyak . Sekian dari saya , semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar