Manfaat dan Khasiat Bawang Merah

Posted by do it your self Rabu, 17 Oktober 2012 0 komentar
Manfaat Dan Khasiat Bawang Merah - Bawang merah ini adalah salah satu umbi tunas yang tidak bisa dipisahkan oleh masakan – masakan Indonesai maupun Asia Tenggara. Si umbi berwarna merah-ungu ini tidak bisa di gantikan oleh umbi-umbian lainnya untuk bumbu masakan tradisional indonesia.

Tapi apakah kalian tau kalau bawang merah memiliki manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan.jika kalian belum tau mari kita membaca yang di bawah ini. Tapi sebelum saya memberitahu apa manfaat dan khasiat bawang merah, mari kita baca kandungan apa saja yang terdapat pada bawang merah.

Bawang Merah

Kandungan Dalam Bawang Merah

Selain bawang merah bisa mengharumkan masakan, bawang merah juga biasanya digunakan sebagai obat tradisional. Dan bawang merah juga  memiliki kandungan yang sifatnya anti mikroba yang sangat berguna bagi manusia. Dan selain itu juga masih banyak kandungan lainnya. Jika kalian ingin tau silakan menyimak yang di bawah ini :

Saponin
Zat ini bisa membantu untuk mengencerkan dahak ketika Anda terkena penyakit batuk. Dahak harus diencerkan karena dahak yang padat akan mengganggu pernafasan dan juga membuat tenggorokan sakit ketika batuk.
Flavonglikosida
Zat ini sangat ampuh untuk membunuh bakteri, sehingga orang sering mempergunakannya untuk pengobatan luka dan infeksi agar tidak meradang.
Minyak Atsiri
Minyak atsiri terkandung dalam bawang merah, manfaatnya adalah:
  • Memiliki aroma yang khas, jika dihirup bisa menghilangkan pusing juga mengembalikan kesadaran ketika pingsan atau mabuk perjalanan baik darat, laut, maupun udara.
  • Berguna untuk pemijatan saat mengeluarkan angin dari perut dan melancarkan peredaran darah. Ketika anda masuk angin atau terkena penyakit lain akibat peredaran darah yang tidak lancar seperti haid yang tidak lancar pada wanita, pemijatan dengan minyak ini bisa dilakukan.
  • Selain itu juga bermanfaat untuk menyembuhkan luka lecet pada puting ibu menyusui dan juga untuk mengobati wasir.
Sikloaliin
Zat ini sangat ampuh untuk menurunkan suhu tubuh. Sama dengan kandungan lainnya pada bawang merah, yaitu metialiin, kuersetin, kaemfreol, dan floroglusin. Kelima zat tersebut adalah penurun panas atau suhu tubuh yang dapat diandalkan sehingga dapat digunakan untuk obat demam.
Floroglusin
Selain dapat menurunkan suhu tubuh Floroglisin juga bisa mencegah munculnya sel kanker dalam tubuh.
Dihidroaliin
Zat ini membantu melancarkan pengeluaran air seni bagi orang yang bermasalah dengan buang air kecil.
Peptida
Berguna juga untuk mengurangi kadar gula dalam darah, sehingga dengan bawang merah Anda juga bisa mengobati kencing manis atau diabetes.
Vitamin C
Vitamin C memang banyak terkandung dalam lemon, tapi bawang merah juga mengandung kadar vitamin C yang mampu memberi manfaat bagi kesehatan. Vitamin C sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga struktur protein yang menghubungkan seluruh jaringan serabut, kulit, urat, tulang rawan, dan jaringan lainnya. Sehingga vitamin C dapat membantu menyembuhkan berbagai kerusakan pada tubuh seperti patah tulang, memar, luka ringan, dan pendarahan kecil. Selain itu, vitamin C juga penting untuk penyerapan zat besi dan sebagai antioksidan. Bahkan, manfaatnya yang sangat hebat ini membuat vitamin C dapat menangkal nitrit pencegah kanker.
Asam Folat
Asam folat atau vitamin B9 merupakan vitamin yang sangat dibutuhkan untuk tubuh. Asam folat ini diperlukan bukan hanya oleh orang dewasa saja, melainkan juga anak-anak untuk pembentukan sel darah merah sehingga juga bisa untuk mencegah anemia. Terlebih untuk ibu hamil, asam folat ini dibutuhkan untuk mencegah kecacatan pada tabung saraf yang berhubungan dengan otak dan tulang belakang.
Namun sayangnya, karena sifatnya yang sangat sensitive dengan oksigen, cahaya, dan suhu tinggi, banyak orang yang kekurangan asam folat meski mengkonsumi sayuran dan bahan makanan yang mengandung asam folat. Untuk mengatasi hal ini, orang biasa mengkonsumi sayuran mentah dalam bentuk salad atau kulupan. Untuk bawang merah mentah, biasanya disajikan bersama sate.
Serat
Serat yang terkandung dalam bawang merah termasuk ke dalam serat pangan yang terdiri atas karbohidrat. Serat sangat baik untuk proses pencernaan manusia, terlebih untuk kesehatan usus halus dan usus besar. Serat yang terkandung dalam bahan makanan selalu diburu oleh orang-orang yang sedang diet.

Manfaat Dan Khasiat Bawang Merah

Setelah kita tahu kandungan apa saja yang terdapat pada Bawang merah. Sekarang saya akan memberi tau Sebagian dari manfaat dan khasiat bawang merah untuk kesehatan . Silakan menyimak yang di bawah ini :
1. Menunjang kesehatan jantung
Bawang mengandung senyawa kimia flavonoid quercetin yang tinggi. Berdasarkan 7 penelitian yang melibatkan 10.000 partisipan, orang-orang yang banyak mengonsumsi makanan tinggi flavonoid seperti bawang, teh, apel dan brokoli bisa menurunkan resiko penyakit jantung sekitar 20%.

Menurut para peneliti di Chinese University, bawang merah bisa menurunkan angka kolesterol jahat yang mempengaruhi jantung dan juga meningkatkan angka kolesterol baiknya.
2. Turunkan risiko kanker
Rupanya, menggunakan bawang merah sebagai bumbu masak juga bisa menurunkan risiko kanker. Bawang mengandung allyl disulphide yang membuatnya beraroma tajam dan bernutrisi tinggi. Menurut US National Cancer Institute, senyawa ini bisa menurunkan risiko kanker dan mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebas.

3. Turunkan gula darah
Jangan dulu alergi dengan aroma bawang. Pasalnya, para peneliti juga mengemukakan keuntungan lain mengonsumsi bawang. Kandungan yang ada di dalam bawang bisa meningkatkan level insulin, yang membantu membersihkan gula dari darah dan mengubahnya menjadi energi.

4. Detoksifikasi tubuh
Menurut www.foods-healing-power.com, bawang mengandung asam amino methionine dan cystine yang membantu membersihkan tubuh dari racun-racun yang ada. Vitamin C dalam bawang juga berperan penting dalam membuang racun yang berbahaya bagi tubuh. Bawang merah mengandung nutrisi lebih kaya dibandingkan bawang bombay.

Sekarang kita sudah tau Manfaat dan Khasiat dari Bawang Merah . jadi untuk kalian yang sekarang tidak suka mungkin karena waktu mengupasnya mata menjadi perih, tapi kanterbayar oleh manfaat bawang merah yang begitu besar. Sekian dari saya semoga bermanfaat.

Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar