Ilmuwan Inggris Sukses Membuat Bensin dari Udara dan Air

Posted by do it your self Jumat, 26 Oktober 2012 0 komentar

Artikel Zamrud Hijau - Percaya atau tidak namun para insinyur dari Inggris telah sukses membuat bensin dari bahan dasar udara dan air. Salah satu perusahaan di Inggris memiliki proyek cara menciptakan bensin dari perpaduan udara dan air. Tentu produk dari penelitian mereka akan berdampak positif untuk usaha manusia dalam memproduksi bahan bakar hijau, bahan bakar yang ramah terhadap lingkungan.

Beberapa ilmuwan yang bergabung di bawah payung AFS (Air Fuel Synthesis) di Teeside bagian utara Inggris, menyatakan kepada publik bahwa mereka telah berhasil memproduksi bensin sintetik dalam tiga bulan penelitian.

Seorang insinyur menjelaskan teknik membuat bensin sintetis dengan memanfaatkan ekstraksi CO2 dari udara dan hidrogen yang diambil dari air, kemudian dipadukan dalam reaktor katalis untuk menghasilkan metanol. Metanol itulah yang dijadikan bensin pada tahap akhir.

Penggunaan energi terbarukan untuk sumber listrik akan menghasilkan karbon netral, yang digunakan sebagai bahan bakar dan dapat dipakai seperti halnya bensin standar. Itulah ungkapan dari para peneliti yang bekerja di proyek mengagumkan ini.

CEO AFS Peter Harrison mengatakan kepada Reuters bahwa bensin yang mereka hasilkan sangat bersih karena merupakan bahan sintetik. Proyek bensin hijau ini menghabiskan biaya sebesar satu juta pound.
Sayangnya bensin hijau tersebut tidak akan tersedia di SPBU dalam kurun waktu tertentu. Karena menurut Peter, bensin hijau yang mereka ciptakan adalah sebagai cadangan ketika bensin standar sudah tidak dapat mencukupi kebutuhan manusia. Sehingga pesawat dan mobil akan terus dapat dijalankan ketika kilang-kilang minyak bumi tidak beroperasi.

bensin hijau sintetik Ilmuwan Inggris Sukses Membuat Bensin dari Udara dan Air

sumber

0 komentar:

Poskan Komentar