Apa itu Badai Sandy?

Posted by do it your self Selasa, 30 Oktober 2012 0 komentar
Apa itu badai Sandy?

Artikel Zamrud Hijau - Saat ini beberapa kawasan, khususnya di Amerika Serikat bagian timur dihempas oleh badai super-besar yang dinamakan badai Sandy.

Badai Sandy yang menerjang beberapa kawasan di Amerika Serikat tersebut mendapatkan julukan Frankenstorm. Nama Frankenstorm diambil karena badai ini menerpa negeri Paman Sam bertepatan dengan waktu perayaan acara tahunan berjudul Halloween. Karena karakteristiknya yang menakutkan, kuat dan misterius seperti karakteristik Frankenstein, maka banyak orang menyebut badai Sandy ini dengan sebutan lain Frankenstorm.

Pengamat badai memasukkan Frankenstorm ini ke dalam kategori 1 atau Category 1 Hurricane. Semua badai yang masuk dalam kategori 1 ini mempunyai kecepatan angin sebesar 74-95 mph atau > 119-153 km/jam. Selain memiliki kecepatan terpa yang tinggi, badai Sandy juga hadir disertai dengan awan atau kabut pekat serta hujan badai yang lebat.

Apabila dibandingkan dengan badai-badai yang menerpa Amerika Serikat beberapa waktu terakhir ini, badai Sandy dapat dikategorikan badai terbesar. Dari titik pusat mata badainya, badai ini memiliki diameter sekitar 280 km ke arah luar. Badai Sandy merupakan badai tropis Atlantis terbesar kedua setelah sejak tahun 1988 setelah badai Olga yang pernah muncul di tahun 2001 lalu.

Rick Knabb dari National Hurricane Center memperkirakan bahwa amukan badai ini berimbas pada sekitar 50 sampai 60 juta orang di Amerika Serikat. Knabb juga menjelaskan bahwa badai Sandy ini sangat besar dan menakutkan serta dapat dibilang mampu menghancurkan sepertiga dari total kawasan Amerika Serikat dengan sekali lewat.

Seperti yang dilansir Our Amazing Planet (26/10), Louis Uccellini dari NOAA's National Centers for Environmental Prediction menjelaskan bahwa walaupun badai Sandy ini menimbulkan banyak kerusakan khususnya di New York, namun badai ini belum dapat disejajarkan dengan Perfect Storm atau dikenal dengan nama badai Grace yang terjadi pada tanggal 01 November 1991 lalu.

Pihak Amerika Serikat memperkirakan badai Sandy ini akan terus bergerak ke arah timur di pertengahan minggu depan. Kemungkinan lain adalah setelah bergerak ke arah timur, amukan badai ini akan berhenti karena temperatur suhu di beberapa kawasan Amerika Serikat sudah mulai turun dan dapat membuyarkan pergerakan badai Sandy.

sumber

0 komentar:

Poskan Komentar