Kesalah pahaman tentang Puasa Rajab

Posted by do it your self Minggu, 10 Juni 2012 0 komentar

Kesalah pahaman tentang Puasa Rajab. Tepat tanggal 21 Mei 2012 ini kita memasukui Bulan Rajab. Banyak diantara kita para umat muslim yang berpuasa sunnah di bulan rajab ini. Bulan Rajab adalah bulan ke tujuh dari penggalan Islam qomariyah (hijriyah). Peristiwa Isra Mi’raj  Nabi Muhammad  shalallah ‘alaih wasallam  untuk menerima perintah shalat lima waktu terjadi pada 27 Rajab ini.
Namun ada beberapa dari kita itu punya kebiasaan berpuasa pada bulan Rajab, karena alasan adanya sebuah hadits yang menerangkan tentang anjuran berpuasa pada bulan Rajab. Hadits-hadits yang Anda baca mungkin adalah hadits yang ada dibawah ini :

  1. Diriwayatkan bahwa apabila Rasulullah SAW memasuki bulan Rajab beliau berdo’a: “Ya, Allah berkahilah kami di bulan Rajab (ini) dan (juga) Sya’ban, dan sampaikanlah kami kepada bulan Ramadhan.” (HR. Imam Ahmad, dari Anas bin Malik).
  2. "Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari, maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu neraka Jahim, bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga, dan bila puasa 10 hari maka digantilah dosa-dosanya dengan kebaikan."
  3. Riwayat al-Thabarani dari Sa'id bin Rasyid: “Barangsiapa berpuasa sehari di bulan Rajab, maka ia laksana  berpuasa setahun, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu-pintu neraka jahanam, bila puasa 8 hari dibukakan untuknya 8 pintu surga, bila puasa 10 hari, Allah akan mengabulkan semua permintaannya....."
  4. "Sesungguhnya di surga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan rasanya lebih manis dari madu. Barangsiapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikaruniai minum dari sungai tersebut".
  5. Riwayat (secara mursal) Abul Fath dari al-Hasan, Nabi Muhammad SAW bersabda: "Rajab itu bulannya Allah, Sya'ban bulanku, dan Ramadan bulannya umatku." 
  6. Sabda Rasulullah SAW lagi : “Pada malam mi’raj, saya melihat sebuah sungai yang airnya lebih manis dari madu, lebih sejuk dari air batu dan lebih harum dari minyak wangi, lalu saya bertanya pada Jibril a.s.: “Wahai Jibril untuk siapakan sungai ini ?” Maka berkata Jibrilb a.s.: “Ya Muhammad sungai ini adalah untuk orang yang membaca salawat untuk engkau di bulan Rajab ini”.
Namun tahukah Anda bahwa hadits-hadits diatas adalah hadits yang maudu atau palsu. kenapa saya katakan hadits maudu, karena para ulama selama bertahun-tahun mengkaji kebenaran hadits diatas dan menyepakatinya bahwa hadits palsu, & yang menguatkan saya untuk menulis artikel ini adalah khutbah Jum'at yang baru-baru ini betul-betul menjelaskan secara gamblang kepalsuan hadits tersebut. Buat Anda yang belum mengetahui secara jelas kebenaran puasa di bulan Rajab mungkin Anda harus membaca dan terus membaca. Saya pun begitu. Jika ada saudara-saudara sekalian yang tidak sependapat dengan saya, mohon berika alasannya dengan jelas dan akurat.

0 komentar:

Poskan Komentar