Becak Siantar - Becak terkeren di Indonesia

Posted by do it your self Kamis, 26 Januari 2012 0 komentar
HOT DAH | OTOMOTIF | Becak Siantar - Becak terkeren di Indonesia - Sebenarnya tulisan ini sudah ada di postingan Blog Sahabat kami Becak Siantar. Tapi untuk mengenang dan mengingatkan kembali kepada kawan-kawan bahwa Becak terkeren di Indonesia adalah Becak Motor yang ada di kota Siantar, kota dimana asal kami berada.

Becak Siantar - Becak terkeren di Indonesia
Sepeda motor yang digunakan sebagai alat transportasi angkutan roda tiga atau becak di kota Pematang Siantar Provinsi Sumatera Utara adalah sepeda motor antik Birmingham Small Arm (BSA) Buatan Inggris.

Sepeda motor antik ini sudah langka, Inggris sebagai pembuat motor BSA hanya memiliki sekitar 800 unit, Australia 400 unit, Firlandia 250 unit, sedangkan di Pematangsiantar masih ada sekitar 1000 unit.

Specifications (General)
The engine: 493cc, one-cylinder, 80x98 mm, air cooling
Capacity: up to 25hp @ 4800 rpm.
Box of transfers: three, and later four-stage manual
The main transfer: a circuit
The maximal speed: 116 km/h

Sejarah Singkat.
Secara umum, motor BSA masuk ke Indonesia pada masa peralihan tentara Jepang ke tentara Sekutu (Belanda-Inggris). BSA kemudian menyebar ke daerah-daerah jajahan Belanda, termasuk ke Siantar. Tapi tak banyak yang mengetahui jika masuknya motor BSA dalam jumlah besar ke Siantar justru bukan dibawa oleh tentara Belanda.

Ketika penjajah minggat dari Indonesia, motor-motor BSA kehilangan tuannya. Tak ada sparepart dan teknisi yang mumpuni di Indonesia. Nasib Motor BSA pun berakhir tragis. Ada yang ‘tergolek’ di gudang atau yang terdampar di jalanan. Motor BSA jadi barang rongsokan.

Biasanya para PARBECAK (sebutan untuk abang-abang penarik becak di Siantar) sudah bisa menciptakan sendiri onderdil untuk motor BSA. Dengan sedikit kreatifitas, disulaplah karburator Kawasaki BINTER menjadi karburator BSA. Juga, jangan heran melihat pelek dan blok mesin motor tua ini kinclong bak motor keluaran tahun mutakhir. Suaranya hingar-bingar, terkadang kalo lewat di depan rumah, siaran TV pun ikut bergetar. Brum..brum...duk..duk...duk...brum pletak... (kok pletak?) Iya, kadang knalpotnya mengeluarkan letupan seperti suara meriam bambu. terutama untuk mesin yang berukuran 500cc. Apalagi terkadang abang-abang becak ini suka iseng mengisi bahan bakar BSA nya dengan minyak tanah bukan bensin. Biar murah! kata mereka. Hehehe, ada-ada saja.

Pada tahun 1980-an, ketika PSMS medan sedang jaya-jayanya di kompetisi Perserikatan PSSI, banyak supporter dari Siantar berduyun-duyun ke Stadion Teladan Medan naik Becak ini. Ini luar biasa, mengingat jarak Siantar-Medan adalah 128 km. Ayo, becak mana yang mampu menempuh jarak sejauh itu? Kalo becak di Jogja melakukannya, wah bisa gempor mengkayuhnya! Hehehehe....

Becak dengan motor tua yang semakin langka itu justru menjadi keunikan yang menghiasi Kota Siantar, sekitar 128 kilometer arah selatan Medan, Sumatra Utara.

Selain langka, rata-rata usia motor sudah mencapai 60 tahunan. Motor yang saat ini berjumlah sekitar 400 unit itu ada yang dibuat tahun 1941, 1948, 1952, dan yang lebih "gres" buatan tahun 1956.

Kelangkaan itu membuat suku cadangnya tidak lagi dijual di pasar. Perawatannya pun kian sulit. Kelangkaan itu justru membuat motor BSA menjadi barang koleksi yang menarik dan mahal.

Becak Siantar semula berbentuk bak sampan, seperti becak mesin di Medan sekarang. Bentuk tempat duduk penumpang yang terletak di sebelah kiri setinggi satu meter untuk dua orang, hanya terbuat dari terpal. Pada sisi kanan dan kirinya diberi besi penyangga dan bisa dilipat-lipat, di sebelah tempat duduk dipasang penutup sebagai penahan rembesan tanah atau lumpur. Di belakang tempat duduk disediakan bak kecil berpagar pelat besi, berfungsi untuk tempat barang-barang bawaan penumpang

Walau sudah banyak onderdil yang tidak asli lagi, ciri khas motor BSA masih tampak. Misalnya, tangki mesin berisi 12 liter dengan logo BSA, stang berkrom, speedometer BSA, velg, lampu bulat, serta sayap depan dan belakang.

Penampilan becak motor BSA memang tampak garang. Itu luarnya. Namun, penumpang yang naik di dalamnya merasa nyaman karena pegas motor begitu kuat tapi lembut. Penumpang akan merasa duduk seperti di kursi goyang. Hanya telinga saja yang mungkin sedikit terganggu karena suara mesinnya keras dan bulat, meraung-raung. Suara mesin ini juga yang masih asli dari becak motor BSA.

Fakta
Mungkin, becak Siantar merupakan becak tercepat didunia, bahkan mungkin tercanggih juga....500cc!! Bisa ikutan MotoGP gak ya? jadi pengen ngebayangin Valentino Rossi pake BSA!! Bisa senewen tujuh turunan dia! :)


Gimana Kawan ??
Itulah alat transportasi di kota kelahiran kami kawan.. Pematang Siantar... Becak Siantar namanya, Becak terkeren di Indonesia.

Silahkan kawan-kawan kunjungi Blog Becak Siantar biar lebih tahu mengenai Becak Terkeren di Indonesia atau klik http://becasiantar.blogspot.com/.


Sumber : Becak Siantar
Jangan Lupa Like Halaman Facebook Kami

0 komentar:

Poskan Komentar